• SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG
  • PASTI

SMANCI Edufest 2019

Alumni SMA Negeri Ciawigebang angkatan 2016 menggelar SMANCI Education Festival atau Edu Fest 2019 yang diikuti oleh 33 perguruan tinggi di pulau Jawa, seperti perguruan tinggi dari Kabupaten Kuningan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta, di halaman SMA Negeri Ciawigebang, Kamis (24/01/2019).

Kegiatan yang mengusung tema “Raka Nyaba Ka Rayi ini medapat respon positif dari berbagai pihak. Bahkan antusias dari siswa/siswi SMANCI pun sangat tinggi. Hal itu terlihat dari sejumlah stand kewirausahaan atau Pendidikan Kewirausahaan (PKWU) yang diikuti oleh siswa/siswi kelas XII.

Dalam stand itu mereka menjajakan hasil olahan makanan yang dibuat di rumahnya masing-masing. Kemudian di stand tersebut mereka lalu memamerkan dan menjualnya.

Ketua Penyelenggara Edu Fest 2019 yang juga merupakan alumni SMANCI angkatan 2016 Ifad Fauziansyah, menuturkan bahwa program yang sudah digagas oleh alumni SMANCI tiga angkatan yakni 2016, 2017, dan 2018 ini merupakan program untuk kedua kalinya.

Kegiatan ini kami sengaja kemas sedemikian rupa agar dapat menarik minat adik-adik yang ada di SMANCI. Seperti adanya talk show dengan menghadirkan Kabag Sumda Polres Kuningan, yang juga merupakan alumni sekolah ini angkatan 1986, sharing alumni, stand kampus, SMANCI Ekspo serta hiburan, tuturnya kepada Bingkai Warta.

Ifad berharap siswa/siswi SMANCI betul-betul percaya dan yakin bisa melanjutkan ke perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Setidaknya, kata dia, mereka bisa menambah titel/gelar dari tempat yang dipilihnya.

Karena menurutnya, dari even ini otomatis bisa meningkatkan persentase yang masuk ke perguruan tinggi sebanyak 4%.

Itu dilihat dari data BK. Dan itu belum melaporkan semuanya. Jadi, yang masuk ke perguruan tinggi ditahun kemarin sudah meningkat. Makanya, kita coba lagi membuat even seperti ini, imbuhnya.

Kepala Sekolah SMANCI Dedi Hidayat, merespon baik dengan adanya Edu Fest 2019. Ia menilai kegiatan yang digagas oleh alumni 2016 itu mempunyai banyak nilai positif.

Ini sudah berjalan dua tahun. Dan memang selain respon baik dari siswa/siswi di sini, juga beberapa pihak memang sangat mendukung dengan adanya program ini. Dengan tema Raka Nyaba Ka Rayi atau alumni menyapa adik-adiknya yang ada di sini dengan tujuan untuk memberikan informasi sebanyak mungkin tentang perguruan tinggi yang sedang digelutinya, kata Dedi di ruang kerjanya.

Sementara itu, Pembina Himpunan Alumni (HIMNI) SMANCI H. Carsadi SP.d, MP.d, berharap dari kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahun. Karena ia pun menilai event ini sangat membantu siswa/siswi yang akan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi.

Edu Fest atau festival pendidikan ini sangat bagus. Karena bukan hanya informasi yang mereka dapatkan, namun juga dapat berkomunikasi langsung dengan para alumni untuk menanyakan langsung tentang perguruan tinggi yang akan mereka ambil. Jadi mereka percaya diri dan merasa yakin tentang pilihan yang akan diambilnya. Yang tadinya cuma setengah-setengah, sekarang mereka tidak ragu lagi, pungkasnya. (Abel Kiranti)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Info PPDB SMA 2019

Untuk info lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini :     Petunjuk Teknis PPDB SMA 2019 : Info Grafis PPDB SMA Tahun 2019 Alur PPDB SMA Tahun 2019 Sistem Zonasi PPD

21/05/2019 11:43 WIB - Admin